Jaga Keseimbangan Biota Laut, Lanal Tarempa Dukung Pembuatan Terumbu Karang

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM Dukung kegiatan pembuatan terumbu Karang Buatan (Artificial Reef), Lanal Tarempa ikut serta langsung lakukan pemasangan di wilayah perairan desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan yang berlangsung sejak 24 sampai dengan 25 Maret 2022 itu, diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas yang rencananya dilaksanakan selama 10 hari.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M. Tr. Opsla. mengatakan, Pembuatan terumbu karang atau dalam istilah lain Artificial Reef, adalah suatu kegiatan yang sangat baik, karena terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal yang ada pada iklim tropis yang paling kompleks dan produktif tetapi juga merupakan ekosistem yang paling rentan terhadap perubahan lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Oleh sebab itu kita harus menjaga atau melestarikannya, terumbu karang akan memberikan banyak manfaat yang besar bagi kehidupan dan lingkungan biota yang hidup di sekitarnya dan pada akhirnya juga bagi kehidupan manusia,” ucapnya.

Lanjutnya, “Saya selaku Komandan Pangkalan TNI AL, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, saya akan senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti ini, karena hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono untuk selalu jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan,” tambah Yovan.

Ia berharap kepada pemuda Anambas, baik perorangan maupun kelompok serta organisasi, dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh HNSI ini.

“Kita tidak bisa hanya mengharapkan pemerintah, karena masalah pelestarian lingkungan atau alam, adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Sedangkan menurut Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Tarempa, Kapten Laut (P) Sunaryo, selaku kepanjangan tangan Komandan Lanal di bidang Maritim, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugasnya dalam rangka pembinaan terhadap Potensi Maritim dan berharap kegiatan serupa akan terus dilaksanakan.

Pembuatan terumbu karang buatan yang diselenggarakan oleh HNSI Anambas, juga didukung oleh Sat Polairud Polres Kepulauan Anambas, Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas dan Konservasi Loka Kepri. (Pin/Rls)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *