Puncak Acara Karya Bakti TNI AL Wilayah Perbatasan di Desa Batu Belah dan Desa Temburun

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Lanang Tarempa melaksanakan acara puncak Karya Bakti TNI Angkatan Laut (AL) wilayah perbatasan tahun anggaran 2021 di Desa Batu Belah dan Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Sabtu (23/10/2021).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla mendampingi Paban V Bakti Dispotmaral, Kolonel Laut (P) Desmon mewakili Kadispotmaral menghadiri acara tersebut disambut dengan tarian dan pencak silat persembahan kesenian Melayu. Kegiatan berlangsung dengan dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dan pengobatan gratis.

Program Karya Bakti ini merupakan program dari pucuk pimpinan TNI AL, dalam hal ini Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., ia melaksanakan Program-program yang spektakuler, dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat untuk mendukung sistem pertahanan.

Bacaan Lainnya

Dimana kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah dalam rangka menyiapkan dan membesarkan Kampung bahari nusantara yang mencakup 5 kluster, meliputi kluster edukasi, kluster ekonomi, kluster kesehatan, kluster pariwisata dan kluster pertahanan.

Yovan Ardhianto Yusuf, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan  5 kluster tersebut, diharapkan kepada pemerintah daerah dan masyarakat bisa ikut berpartisipasi, sejauh ini dukungan pemerintah daerah dan masyarakat kami rasakan sudah sangat baik.

“Oleh sebab itu saya sampaikan atas nama pimpinan TNI Angkatan Laut mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasi pemerintah daerah dan masyarakat, karena  pelaksanaan kegiatan karya Bakti TNI AL ini terlaksana dengan baik,” ujar Yovan Ardhianto Yusuf.

Sambungnya, “Kita bisa melihat hasil dari apa yang telah kita kerjakan dan capai, semoga hal ini dapat berlanjut dan tidak sekedar begitu terlaksana, terbangun, tapi setelah itu dibiarkan, tidak demikian yang kita inginkan, tapi betul-betul kita pertahankan dengan merawat dan menjaga semua yang kita capai saat ini, bila perlu dan itu memang harus kita tingkatkan dengan maksimal sehingga apa yang kita kerjakan akan sesuai dengan harapan pimpinan,” tegas Yovan Ardhianto Yusuf.

Sejak ditetapkannya desa Batu Belah sebagai Kampung Bahari Nusantara, desa tersebut merupakan tanggung jawab Lanal Tarempa dalam meningkatkan segala aspek yang mencakup 5 cluster.

Dimana berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya perbaikan dan renovasi fasilitas umum, meliputi Rumah pintar, tempat ibadah, pembuatan gapura, kemudian  pelayanan kesehan meliputi pengobatan gratis, Vaksin Covid-19, lalu sektor pendidikan atau Edukasi meliputi pengadaan akses internet, pengadaan buku di rumah pintar.

Sedangkan untuk ketahanan pangan atau ekonomi meliputi budidaya rumput laut, Keramba ikan dan pembagian sembako, lalu pertahanan, melalui kegiatan Komunikasi sosial meliputi ideologi negara Pancasila, Bela negara, wawasan kebangsaan, kegiatan disektor pariwisata meliputi perbaikan fasilitas wisata air terjun dan wisata Batu Betangkop, serta kegiatan pencapaian kluster lainnya.

Kolonel Laut (P) Desmon mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa – desa di wilayah Perbatasan sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang besar khususnya menyangkut pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat dan keamanan yang dilaksanakan dalam program yang meliputi 5 kluster.

“Penyelenggaraan Karya Bakti TNI Angkatan Laut wilayah perbatasan tahun anggaran 2021 dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau melalui program-program pemasyarakatan yang menitik beratkan pada upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi di bidang maritim,” ucap Kolonel Desmon.

Ia juga menyampaikan pesan dari pimpinan TNI AL yang mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran program ini dengan menyadari bahwa terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mendukung program Pimpinan TNI AL yang diselenggarakan oleh Dispotmaral melalui Lanal Tarempa. Ia juga berharap semoga KBN desa Batu Belah akan  terus berkembang dari segala bidang atau cluster sesuai harapan bersama.

Babandi selaku Kepala Desa Batu Belah yang saat ini sudah berpredikat sebagai Kampung Bahari Nusantara, juga mewakili seluruh warga desa, menyampaikan rasa terima kasih atas terpilihnya desanya sebagai KBN dan berharap kedepan, desanya akan semakin maju dan sejahtera. (Rls)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *