Kemegahan Gapura Teluk Siantan, Kades Ismaya: Murni Kreativitas Warga

Gapura Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM | Penampakan kreasi gapura di Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Anambas sangat memukau warga setempat.

Ternyata, desain gapura itu, sengaja dibuat menarik untuk mengikuti ajang lomba Gapura yang digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Desain gapura ini dirancang dalam rangka menyambut datang hari raya Idul fitri 1445 hijriah di Desa Teluk Siantan.

Bacaan Lainnya

Berdiri indah dengan ornamen lampu hias berada di pintu masuk pelabuhan dusun Air Nangak.

Kepala Desa Teluk Siantan, Ismaya Lokadi mengatakan, bahwa gapura tersebut merupakan hasil karya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Teluk Siantan. Dan dibuat untuk turut serta berpartisipasi dalam lomba Gapura tingkat Kabupaten Anambas.

“Hiasan Gapura itu, murni kreativitas warga sekitar yang tergabung dalam Pokdarwis. Jadi, secara bersama – sama kami Pemerintah desa dan masyarakat menghias gapura itu,” kata Ismaya, Senin (8/4/2024)

Adapun bahan yang di gunakan yakni memanfaatkan bilah – bilah bambu di tambah dengan ornamen lain berupa kayu serta hiasan lampu. Bagian atas berbentuk Kubah Mesjid, bertuliskan ” Selamat Idul Fitri 1445 H” .

Ismaya menambahkan pembuatan gapura ini, adalah untuk yang kedua kalinya Pokdarwis Duta Desa Teluk Siantan mengikuti lomba gapura dalam rangka idul Fitri tingkat Kabupaten Anambas.

“Alhamdulillah, pada tahun 2023 gapura Pokdarwis dapat juara 2, harapannya tahun ini lebih baik lagi,” ucapnya.

Lebih jauh, katanya, dari kegiatan ini bisa diambil hikmahnya yakni dapat membangun kekompakan dan kebersamaan sehingga tercipta hasil yang maksimal. (Kh1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *