Wabup Anambas Bersama Forkopimda Tinjau Artificial Reef

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra saat memberi sambutan dalam peninjauan Artificial Reef di KMN. Mina Maritim 166.

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra meninjau Artificial Reef (Terumbu Buatan) usai pemasangan yang dilakukan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas di Batu Losok laut Tanjung Pedas, Desa Tarempa Barat, Kamis (31/03/2022).

Bersama Plt. Kepala Dinas P3 dan Kepala Disparbud Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra lakukan peninjauan langsung dengan mendatangi lokasi pemasangan terumbu karang tersebut menggunakan KMN. Mina Maritim 166.

Selain itu, juga diikuti oleh Kepala LKKPN Pekanbaru di Anambas, Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, Satwas SDKP Kepulauan Anambas, Lanal Tarempa, Kodim 0318/Natuna dan Sat Polairud Polres Kepulauan Anambas.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Medco E&P Natuna Ltd yang telah melaksanakan kegiatan ini.

“Dengan kegiatan seperti ini pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat khusus kepada nelayan di Anambas, untuk itu kami dari pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggaraan,” ucap Wabup Wan Zuhendra.

Lanjut Ia mengatakan, rusaknya ekosistem laut merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga kita sebagai masyarakat harus sadar akan pentingnya terumbu karang bagi kelangsungan biota atau makhluk hidup di air.

“Kesadaran tentang ekosistem laut harus terus tanamkan, karena sekarang sudah banyak terumbu karang yang rusak, jadi kewajiban kita sebagai masyarakat yang baik untuk melestarikan ekosistem laut,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan dan ekosistem akan didukung pemerintah daerah dengan harapan tentu untuk kebaikan seluruh masyarakat agar bermanfaat.

“Saya mendukung kegiatan positif seperti ini, semoga dengan adanya program pemasangan terumbu karang yang terus diupayakan akan bermanfaat untuk kita semua dan bagi kelestarian ekosistem laut,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra mengatakan Pemasangan Terumbu Karang Buatan dibawah air ini berlangsung selama 9 hari.

“Alhamdulillah, pekerjaan pemasangan Terumbu Karang dibawah air berjalan dengan lancar, yang bekerja sama dengan Lanal Tarempa, Sat Polairud Polres Kepulauan Anambas, Loka Kawasan Konservasi Pekanbaru dan Dinas Perikanan serta anggota HNSI Anambas,” ucapnya.

Kata Dia, pemasangan Terumbu Karang Buatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, sebelumnya pada tahun 2020 telah dilaksanakan pemasangan sebanyak 20 Fish Apartemen di dua wilayah Kecamatan Siantan. Dan di tahun 2022, pemasangan Fish Apartemen sebanyak 10 buah.

“Semoga kedepannya, kita bisa kembali melaksanakan kegiatan ini, untuk menunjang sektor perikanan tangkap dan wisata bawah air yang esensinya untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Kepulauan Anambas,” harapnya. (Pin)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *