Desa Batu Belah Resmi Sebagai Kampung Bahari Nusantara

Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla menandatangani prasasti gapura

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Tarempa meresmikan Desa Batu Belah sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) ditandai dengan penandatanganan prasasti gapura dan pemotongan pita, Jumat, (15/10/2021).

Giat tersebut dalam rangka program Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2021 yang merupakan salah satu dari sekian banyak program kerja Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang direalisasikan oleh Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, dengan memilih desa Batu Belah sebagai desa binaan.

Kampung Bahari Nusantara adalah merupakan Program kerja TNI AL yang dalam pelaksanaan masuk dalam pengawasan Dispotmaral (Dinas Potensi Maritim TNI AL) melalui Staf Potensi Maritim Lanal Tarempa dalam bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) melalui Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar disetiap desa Pesisir wilayah kerja Lanal Tarempa.

Bacaan Lainnya

Terpilihnya Desa Batu Belah sebagai desa binaan TNI AL khususnya Lanal Tarempa, sudah melalui mekanisme survey kesesuaian sebagai KBN.

KBN Desa Batu Belah adalah sebuah desa yang berada di sebuah pulau kecil, secara asministratif dibawah Pemerintahan Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan dan bermukim di sepanjang bantaran pantai dan pesisir, dengan demikian maka segala aspek yang termasuk dalam kriteria sebagai desa binaan dan disebut sebagai KBN sudah sangatlah tepat.

Dengan terpilihnya desa Batu Belah sebagai desa binaan, Lanal Tarempa memulai kegiatan dengan melaksanakan karya bakti berupa pemugaran fasilitas umum, renovasi dan meningkatkan fasilitas Rumah Pintar, pembuatan Kerambah Tancap, pembuatan budidaya rumput laut dan melaksanakan pembinaan masyarakat melalui komunikasi sosial.

Kemudian kedepan akan dilaksanakan pembinaan masyarakat melalui sosialisi dan akan aktif memberikan penyuluhan serta memberikan pengetahuan untuk mengangkat taraf ekonomi keluarga dan mencapai segala aspek atau Klaster yang merupakan tujuan dari KBN.

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf menyampaikan, Program KBN ini merupakan program TNI Angkatan Laut yang telah dicanangkan satu tahun sebelumnya melalui tahap survey dan peninjauan oleh Tim Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut serta hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, sehingga diputuskan Desa Batu Belah sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Dalam kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2021 di KBN ini memiliki lima klaster yang menjadi prioritas yakni Klaster Kesehatan, Klaster Ekonomi, Klaster Pariwisata, Klaster Pendidikan dan Klaster Pertahanan.

“Lima klaster ini semuanya dalam pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah serta bersinergi dengan pihak terkait dan yang paling utama kesadaran warga dalam mendukung Program Karya Bakti TNI Angkatan Laut ini,” ucap Danlanal Yovan.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program ini dengan lancar.

Usai pelaksanaan Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Gapura Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Batu Belah, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla bersama Bupati Kepulauan Anambas dan rombongan menuju Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melakukan peninjauan kegiatan pengobatan gratis dan vaksinasi.

Selain Bupati Kepulauan Anambas juga turut hadir Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Wakapolres Kepulauan Anambas, Danramil 02 Tarempa, serta unsur FKPD dan aparat kecamatan serta desa terkait yang terlibat. Anambas. (Rls)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *