Kadis Perikanan Dukung Pembangunan Pabrik Es di Kecamatan Siantan Timur

Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Effi Sjuhairi, S.Sos saat memberikan sambutan dalam agenda penyampaian laporan dan diskusi kegiatan terumbu karang buatan (artificial reef) DPC HNSI KKA bekerjasama dengan PT. Medco E&P Natuna Ltd dan Premier Oil Natuna Sea B.V, di Aula Media Center, Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Rabu (23/12/2020).

ANAMBAS-ZONASIDIK.COM| Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Effi Sjuhairi mendukung pembangunan pabrik es sepanjang itu kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah daerah melalui DP3 mendukung pembangunan tersebut, sesuai dengan kebutuhan nelayan,” kata Effi melalui pesan WhatsApp kepada Zonasidikcom, Selasa (12 /1/21).

Oleh karena itu, Effi menyarankan agar pemerintah desa maupun kecamatan untuk mengusulkan kepada pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

“Tinggal usulkan, baik di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa maupun ditingkat kecamatan,” jelasnya.

Dengan ketersediaan pabrik es di daerah yang membutuhkan, diharapkan akan memudahkan para nelayan mendapatkan es untuk mendukung usaha perikanan maupun kebutuhan es saat nelayan melaut.

Hal tersebut disampaikan Effi saat menanggapi keluhan para pelaku usaha perikanan terkait sulitnya memenuhi kebutuhan es balok di Kecamatan Siantan Timur.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Siantan Timur Hambibi meminta Pemerintah Daerah KKA membangun pabrik es di Kecamatan Siantan Timur untuk meningkatkan produktifitas nelayan.

“Hal ini sudah lama dikeluhkan nelayan disini, pembangunan pabrik es itu sangat dibutuhkan, minimal dibangun pabrik es mini di Kecamatan Siantan Timur,”

“Es batu (balok) merupakan bahan baku untuk pengawet dari hasil tangkapan ikan para nelayan sebelum dan sesudah melaut,” lanjutnya.

Kondisi tersebut, kata dia akan terus menyulitkan nelayan setempat untuk meningkatkan hasil tangkapannya. (Red)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *